Jumat, 01 Maret 2013

We’re the PSDM (1)


Sebenernya udah lama mau nulis cerita tentang PSDM.. baru sekarang kelar dan bisa diposting~
And this is our story..














Sebagai permulaan gue mau nyeritain keluarga terbaik gue pas jamannya TPB dulu, atau mungkin masih terbaik sampe sekarang.. yak sesuai judul yang udah kalian baca di atas, ada yang tau?yak satu juta rupiaaah!!! *jeng  jeng jeng* Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa  BEM TPB kabinet Harmoni47..
Hmm mungkin dari awal dulu aja kali yak..
Gue udah cerita di postingan sebelumnya kan kalo gue jadi TF, nah jadi TF itu cara terbaik dan tergampang buat masuk BEM, selain lu bisa milih mau masuk departemen mana, lu juga lebih tau arah kerja dan asal muasal BEM itu sendiri.. yak jadi dari TF nya BEM 47 ternyata ada 3 orang yang daftar di PSDM, yaitu Ina Agistina si ibu sekdep dan Widya kusumawati si ehem beruang kutub alias bendahara PSDM, dan gue *iyalah*

Oke jadi kenapa gue mau masuk departemen PSDM yang katanya super sibuk dan abstrak itu? Sebenernya ga ada alasan khusus, Cuma karena dulu pas gue TPB abah gue kuliah S2 di suatu universitas swasta di jakarta dan beliau kuliah di program studi PSDM, gue pikir abah bakal seneng kalo anaknya ngikutin jejaknya buat mengembangkan sumber daya manusia..

Yak,singkat cerita terpilihlah para PSDM’ers yaitu:

M Rifqi Tirta Mudhofir                   as Kepala Departemen
Ina Agistina                                    as Sekretaris Departemen
Widya Kusumawaati                       as Bendahara Departemen
M Nadzir Rasikhuddin                    as Staf Ahli Perlawakan
M Erdyansyah                                as Staf Ahli Kelucuan *oke apa bedanya sama gue?*
M Andi Akram Mukhlis                  as Staf Ahli Pengembangan Akademik
Alm. Kusmana                                as Staf Ahli Humas Internasional
Nazi                                               as Staf Ahli Informasi
Ria Putri Rahmadani                       as Staf Ahli Keriweuhan
Nadya Megawati Rachman             as Staf Ahli percurhatan
Fikriyatul Falashifah                         as Staf Ahli Peramalan Cuaca
Fikri Mukhlisina Latief                     as Staf Ahli Kucing dan Kerabatnya
Marisya Fitriani                                as Staf Ahli Masak Memasak

Yak tiga belas orang inilah yang akan mengabdi pada warga TPB 47 kala itu, tiga belas orang inilah yang akan bekerja sama guna membuat kegiatan yang menarik dan bermanfaat untuk BEM pada khususnya dan TPB pada umumnya.
Masih ingat kita seharian ngumpul ber-tiga belas di sekret futsal SC, dari jam 8.00-21.00.. seharian full menyusun RKAT? Siapa yang tahan coba? Haha PSDM hoobi ko rapat, mungkin banyak yang bilang begitu karena mereka ga tau suasana rapat kita :)

Hmm mungkin gue ceritai proker per proker aja kali yak..




TRAFO (Training for Organizer)
mungkin biasa disebut upgrading, yak organisasi manapun pastinya akan mengadakan upgrading dengan berbagai macam alasan. Sama seperti kita BEM TPB, mengadakan upgrading ini dengan berbagai macam alasan, salah satunya supaya terciptanya pengurus BEM yang kompak..
karena ini adalah program pembuka bagi PSDM dan BEM maka kita pun semua bingung, riweuh, banyak nanya, banyak makan –oke yg terakhir abaikan aja- . oiya persiapan trafo ini gue bilang sangat luar biasa, apalagi ketika mau rapat malemnya dan pagi si pak kadep belum berangkat dari Lombok -,-
di trafo kali ini gue jadi logstran, suatu hal yang sulit kalo dkerjain sendirian, tapi gue punya partner perdana gue si Viki :D dia ngurusin segala logistik hari pertama sementara gue hari keduanya..
malem sebelum upgrading hari pertama kita ngedekor audit Fapet, mungkin kita cikal bakal organisasi yang menggunakan audit Fapet karena harganya yang murah :D latihan jadi MC si Ade sama Widya yang besoknya bakal nemenin audience.. logistik siap, konsumsi siap, PDD siap, apalagi ya? Insya Allah semua siap buat menyambut hari esok yang bersejarah..
esoknya kelas A TPB ada senam pagi dulu, jadi gue dan beberapa orang PSDM lainnya yang kebetulan kelas A telat dateng, dan disana Cuma ada Tirta sama Nadya -,- maaf ya membuat kalian kerepotan tanpa kami haha.. oiya acara kali ini mengundang omnya Nadya, beuuh semua hadirin salut sama kita waktu itu karena bingung ngedatengin pembicara sekaliber pak Basith, pasti dananya besar tapi karena beliau adalah omnya Nadya jadi alhamdulillah biaya pun dapat diatasi
over all acara upgrading hari pertama berjalan sukses, acara ini dihadiri oleh pengurus IKMT 47 juga yang merupaka LS dari BEM dibawah departemen PSDM :)

upgrading hari kedua, mungkin bisa dibilang hari bersejarah dan ga akan terlupakan bagi semua pengurus Harmoni, ya ga? Pastinya..
kali ini kita ngadain acara di Darul Falah, Pesantren Pertanian di dekat kampus.. ga mudah memang mengadakan acara di luar kampus, selain butuh biaya yang besar, perizinannya pun butuh perhatian khusus..
setelah mempersiapkan semua tugas yang diperintahkan, oiya disini kita akhirnya punya mars BEM 47 yang dinyanyiin sekali seumur hidup kayaknya haha.. banyak cerita memang pas upgrading kali ini, karena saking banyaknya maka susah buat ditulis :)

EXCELLENT (Extra Achivement and Intelegent)
Acara kedua yaitu excellent, suatu kegiatan yang bergerak di bidang akademik, lebih tepatnya ngadain Try Out buat warga TPB, TO ini diadain sesi UTS sama UAS ps semester genap.. kali ini gue menjadi Acara bareng Nadya :D yang memang gue akuin gue kurang maksimal dalam kepanitiaan kali ini hue maaf ya, tapi insya Allah kegabutan gue bisa dicover sama Nadya haha. Ketua panitianya yaitu Nazi, seperti kebanyakan TO pada umumnya, ada pembahasannya dll, yang buat TO kita beda dari yang lain adalah ini gratis, dikasih konsumsi, dan mengundang pembicara AMT juga dan kali ini pak Basith lagi :D

PASTA (Paper and Soft Skill Training)
Acara kita yang paling susah dan paling sukses, masih inget gimana perjuangan kita di PASTA? Yak ketua panitia PASTA si Erdy makhluk paling lucu di PSDM sampe-sampe neneknya pun lucu :D
Pasta ini bergerak di bidang non akademik, lebih ke arah pengembangan penulisan PKM dan presentasinya.. pasta diadain 4 kali masing masing di akhir pekan, kalo inget gimana riweuhnya pasta dulu, itu mungkin masa-masanya kita di PSDM bener bener jenuh, rapat pun sedikit yang hadir, banyak konfik di internal PSDM, acara harus jalan tiap pekan, dan ngedanus nasi kuning dan nasi goreng tiap pagi, sampe minta sponsor ke beberapa perusahaan.. capek, uang banyak keluar, harus ada yang ngurusin peserta dan nyari uang.. yah pasta memang proker paling di luar batas kemampuan gue, gue akui itu karena memang super sulit buat ngoordinasiin semua pihak yang terkait..  forces, ditmawa, ngedanus, peserta, nyari sponsor, dll.. gue pun sempet ngilang sesaat tapi beruntung gue punya sahabat yang ngingetin gue waktu itu, dan akhirnya semangat muncul dan alhamdulillah targetan targetan pun tercapai..
Oiya, perlu kalian ketahui pasta adalah proker BEM dengan nilai SPPK tertinggi versi DPM, yaitu 98% :D bisa dibayangkan acara paling riweuh di PSDM dapet nilai tertinggi? Itu semua berkat loyalitas dan keikhlasan kita semua :)

All Begibung (ABG)
Tiga proker di atas bisa dibilang proker serius, beda sama ABG ini yang memang proker refreshing guna mempererat ukhuwah antar LK TPB yaitu DPM-BEM-IKMT. Alasan satu lagi karena dalam waktu dekat kita semua akan menjadi panitia di MPKMB 48.. ABG ini diketuai oleh sahabat kami, Almarhum Kusmana. Sosok sahabat yg tak kenal menyerah dan selalu menyenangkan dalam kondisi apapun. Kita doakan semoga Almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya. Oke jadi ABG ini dilaksanakan di belakang perumdos, tepatnya di daerah cikabayan. Acaranya seperti tadi gue bilang, semuanya having fun mungkin yang tidak “fun” hanya kami PSDM 47 yang menyekenggarakan acara ini haha tapi insya Allah kami ikhlas dan menikmati acara yang kita nikmati bersama..
Masih inget ga kita main ke kontrakan Akram di Pakuan Regency, dari siang sampe malem? Aaahhh gue ga bakalan ngelupain seumur hidup gue.. kita masak bareng, bikin telor, bikin saos buat pisang epek, diajarin Mba Widya mecahin telor pake satu tangan kita nyebutnya “cracking one hand” dan akhirnya kita makan bareng dari hasil masakan kita, malemnya kita ngerayain ulang tahun sang kadep bang Tirta dan nyeplokin telor sekaligue ngasih kado bola basket ke beliau~

Sambut Meriah Sahabat Harmoni (SMASH)
Proker terakhir, proker regenerasi, sekaligus proker yang gue pegang. Oke jangan dilihat dari namanya tapi lihat esensinya –beuuh- kenapa gue jadi ketua? Karena udah ga ada orang lagi haha simple kan? Kita urutin dari awal ya..
Sebenernya usulan nama dan konsep smash ini udah ada sebelum liburan kenaikan tingkat, tepatnya pas bulan puasa kita ngumpul sambil buka puasa bareng di RKU. Saat itulah kita musyawarah buat nama dan konsepan. Sebenernya dari nama udah dibikin sama Erdy hanya gue pengen memformalkan di kalanangan pengurus BEM. Pas gue formalkan nama usulan dari Erdy sebagian besar setuju namanya smash, karena emang keren terlepas dari grup boyband yang sedang naik dan itu.. kalo konsep? Semua setuju kita bakal ada magang BEM sama magang departemen. Jadi bakal beda sama magang pas gue jadi peserta dulu, ini beda, ini unik, ini keren, dan ini smash..

Smash diadain 4 kali pertemuan dalam satu bulan, acara kita hanya di weekend dan sekali dalam seminggu *riweuh amat. Yak pertemuan pertemuan kedua mungkin hanya materi kelas yang diisi dengan perkenalan BEM 47 dan materi manajemen organisasi dan lainnya. yang jadi kenangan gue disini adalah.. gue sama Akram untuk terakhir kalinya jadi operator suatu acara :’) yeah Kram. Youre the best partner dalam hal operator mengoperatori haha. Kapan kita bisa jadi operator bareng lagi?
Pertemuan ketiga kita ngadai outbond, nah ini adalah salah satu outbond terbaik yang pernah gue adain, tim inti dari outbond kali ini adalah Riyana dan bang Tirta. Dan alhamdulillah mendapat respon positif dari peserta smash :D
Puncak acara smash adalah magang BEM itu sendiri, yaitu para peserta ngadain Try Out mata kuliah TPB yang mereka bikin sendiri acaranya, mulai dari minjem ruangan, bikin soal, konsumsi, pembicara, pembahas, dan lain lain.. ketua TO ini adalah Snaq, alhamdulillah TO pun berjalan dengan lancar berkat kerja keras dan kerja ikhlas dari para peserta smash..
Dan akhirnya wisuda smash pun diadakan, acara ini diadakan untuk meresmikan bahwa mereka lulus dalam magang kali ini. Acaranya malem si kortan, acaranya sederhana aja sih, cuma pembagian buku tugas, pin, games, dan lain yg leih ke acara nonformal sih. Yang jadi kenangan disini yaitu, kita BEM 47 nyanyi bareng peserta smash, dan lagunya Ipang – Sahabat Kecil.. beuuh suasana mendadak jadi haru dan bikin sedih sedikit haha. sedih karena ternyata banyak dari anak 47 yang ga apal lagunya :p akhirnya kita ngerangkul peserta buat nyanyi bareng haha..

yak itulah proker kita selama mengemban amanah menjadi pengurus BEM, kalo dibaca sih emang sedikit, tapi kalo diinget inget kenangannya? Pasti ga akan ada habisnya kalo diceritain :)
huaah capek euy ngetiknya.. nanti gue mau ngetik lagi per personal dari kita ya haha, dan akhirnya..

gue masih selalu nangis kalo buka slide dari Nadya..






Jika aku ingat semua itu, ingin kuulang kembali dan tak ingin satu momenpun terlewatkan..
Biasanya bersama, tetapi nanti mungkin hanya bisa saling menyapa..sambil dalam hati berkata..
“rinduu”..
Sungguh kebersamaan ini tak akan terulang kembali..
Seiring berjalannya waktu mungkin perlahan kenangan kita tentang cerita ini memudar..
















Kastil Alfath.. sambil neguk jus melon

2 komentar: