Selasa, 07 April 2015

“Red Ocean Strategy vs Blue Ocean Strategy”

Mari mengawali tulisan ini dengan gue mau bilang “aish udah hampir sebulan data skripsi gue belom diolah -,-“ ngapain aja sebulan itu, shi? haha yang pasti ga ngerjain skripsi.. karena akhir-akhir ini jarang ngerjain skripsi pikiran malah kemana mana, kadang pikiran gue jalan ke mall buat sekedar nyalon, kadang pikiran gue main main ke pantai untuk sekedar teriak-teriak, atau malah pikiran gue lari ke hutan untuk sekedar mecahin gelas.. biar ramai

tapi pikiran gue yang lagi kemana mana itu ternyata membuahkan hasil, gini gini juga gue bisa mikir, bisa mikir kalo harga BBM dinaikkin itu pasti rakyat kecil yang bakal menderita *ciee pesan moral*. jadi selama berjalannya pikiran gue itu hasilnya adalah..

“Red Ocean Strategy vs Blue Ocean Strategy” persis seperti judul diatas, sengaja gue samain, soalnya males nyari kalimat lain.. apa maksudnya red ocean sama blue ocean, oke konsep ini emang ga semua orang tau, tapi gampang buat dimengerti. konsep ini gue dapet pas kuliah Strategi Kebijakan Bisnis semester tujuh dulu, yang intinya.. Red ocean itu adalah suasana ketika kita masuk ke suatu industri yang sedang berkembang dan dengan berdarah-darah, artinya persaingan di industri itu ketat banget, targetnya adalah mengalahkan kompetitor yang udah ada, mengeksploitasi demand yang udah ada, ber-aliansi pada sistem dan aktivitas pada diferensiasi atau low cost. oke gue kasih bahasa gampangnya buat kalian, artinya kalo elu dalam zona  red ocean itu artinya elu sedang masuk ke dalam persaingan yang ketat, gue ulangi, elu lagi masuk ke persaingan yang ketat. bukan ketat atau longgar kayak di iklan KitKa*t yang lagi mau bikin long dress tapi persaingan ketat yang bakal menyita pikiran bahkan jiwa dan raga. Sedangkan kalo blue ocean itu adalah suatu keadaan dimana elu keluar dari zona red ocean, menciptakan pasar yang baru, tidak ada lagi kompetitor disana karena memang pasarnya masih baru, ber-aliansi sistem dan aktivitas mengejar diferensiasi dan low cost. atau dengan bahasa gampangnya elu keluar dari zona dengan persaingan yang super ketat dan elu menciptakan pasar baru yang ga ada pesaingnya. asik kan?

Konsep blue ocean strategy ini bagaimana kita mengalihkan diri dari persaingan red ocean yang sangat kompetitive dan berdarah, menuju pada blue ocean yang membuat kompetisi tidak lagi relevan.. gile gokil ga tuh..

oke kembali kepada pikiran gue yang lagi jalanjalan tadi, jadi apa nyambungnya sama red ocean vs blue ocean? selama pikiran gue jalanjalan itu si pikiran gue itu mikir, gue mau masuk red ocean apa blue ocean? bukan dalam hal bisnis aja, konsep ini bisa diterapkan di semua lini kehidupan.. kalo masuk ke red ocean artinya ya gue harus siap untuk berdarah-darah dan mengalahkan pesaing-pesaing yang ada buat menuju ke target gue, bukan? kalo gue masuk ke blue ocean artinya ya gue harus keluar dari persaingan dan menciptakan peluang pasar baru. keluar dari persaingan, itu yang agak bikin gue ragu, keluar dari persaingan kan artinya elu ga ngejar target yang sama dari orang-orang kebanyakan. sanggup?


pada dasarnya gue lebih suka blue ocean, dalam hal bisnis. tapi gue juga mau mencoba peruntungan gue di red ocean, dalam hal lainnya, yang pasti gue sadar sedang masuk ke zona persaingan yang berdarah-darah.. tapi, segala sesuatu memang harus diperjuangkan dulu bukan?












Kastil Alfath, sambil nunggu badmintonan..

3 komentar: