Mari mengawali tulisan ini dengan gue mau bilang
“aish udah hampir sebulan data skripsi gue belom diolah -,-“ ngapain aja
sebulan itu, shi? haha yang pasti ga ngerjain skripsi.. karena akhir-akhir ini
jarang ngerjain skripsi pikiran malah kemana mana, kadang pikiran gue jalan ke
mall buat sekedar nyalon, kadang pikiran gue main main ke pantai untuk sekedar
teriak-teriak, atau malah pikiran gue lari ke hutan untuk sekedar mecahin
gelas.. biar ramai
tapi pikiran gue yang lagi kemana mana itu ternyata membuahkan hasil, gini gini juga gue bisa mikir, bisa mikir kalo harga BBM
dinaikkin itu pasti rakyat kecil yang bakal menderita *ciee pesan moral*. jadi
selama berjalannya pikiran gue itu hasilnya adalah..
“Red Ocean Strategy vs Blue Ocean Strategy” persis
seperti judul diatas, sengaja gue samain, soalnya males nyari kalimat lain..
apa maksudnya red ocean sama blue ocean, oke konsep ini emang ga semua orang
tau, tapi gampang buat dimengerti. konsep ini gue dapet pas kuliah Strategi
Kebijakan Bisnis semester tujuh dulu, yang intinya.. Red ocean itu adalah
suasana ketika kita masuk ke suatu industri yang sedang berkembang dan dengan
berdarah-darah, artinya persaingan di industri itu ketat banget, targetnya
adalah mengalahkan kompetitor yang udah ada, mengeksploitasi demand yang udah
ada, ber-aliansi pada sistem dan aktivitas pada diferensiasi atau low cost. oke
gue kasih bahasa gampangnya buat kalian, artinya kalo elu dalam zona red ocean itu artinya elu sedang masuk ke
dalam persaingan yang ketat, gue ulangi, elu lagi masuk ke persaingan yang
ketat. bukan ketat atau longgar kayak di iklan KitKa*t yang lagi mau bikin long
dress tapi persaingan ketat yang bakal menyita pikiran bahkan jiwa dan raga.
Sedangkan kalo blue ocean itu adalah suatu keadaan dimana elu keluar dari zona
red ocean, menciptakan pasar yang baru, tidak ada lagi kompetitor disana karena
memang pasarnya masih baru, ber-aliansi sistem dan aktivitas mengejar
diferensiasi dan low cost. atau dengan bahasa gampangnya elu keluar dari zona
dengan persaingan yang super ketat dan elu menciptakan pasar baru yang ga ada
pesaingnya. asik kan?
Konsep blue ocean strategy ini bagaimana kita
mengalihkan diri dari persaingan red ocean yang sangat kompetitive dan
berdarah, menuju pada blue ocean yang membuat kompetisi tidak lagi relevan..
gile gokil ga tuh..
oke kembali kepada pikiran gue yang lagi jalanjalan
tadi, jadi apa nyambungnya sama red ocean vs blue ocean? selama pikiran gue
jalanjalan itu si pikiran gue itu mikir, gue mau masuk red ocean apa blue
ocean? bukan dalam hal bisnis aja, konsep ini bisa diterapkan di semua lini
kehidupan.. kalo masuk ke red ocean artinya ya gue harus siap untuk
berdarah-darah dan mengalahkan pesaing-pesaing yang ada buat menuju ke target
gue, bukan? kalo gue masuk ke blue ocean artinya ya gue harus keluar dari
persaingan dan menciptakan peluang pasar baru. keluar dari persaingan, itu yang
agak bikin gue ragu, keluar dari persaingan kan artinya elu ga ngejar target
yang sama dari orang-orang kebanyakan. sanggup?
pada dasarnya gue lebih suka blue ocean, dalam hal
bisnis. tapi gue juga mau mencoba peruntungan gue di red ocean, dalam hal
lainnya, yang pasti gue sadar sedang masuk ke zona persaingan yang
berdarah-darah.. tapi, segala sesuatu memang harus diperjuangkan dulu bukan?
Kastil Alfath, sambil nunggu badmintonan..
Jadi M red ocean? :o
BalasHapus*naon sih is~
bentar, gue pake celana dulu..
Hapusmakasih banyak artikelnya.
BalasHapus